Mengabdi Untuk Berbakti

Home » » Pengobatan Menurut Rasulullah SAW

Pengobatan Menurut Rasulullah SAW

Agama dan Kesehatan

Pengobatan Menurut Rasulullah SAW

Setiap penyakit itu pasti ada obatnya, Rasulullah SAW bersabda dari Jabir radhiayallahu anhu’ Rasulullah saw bersabda :
“setiap penyakit itu pasti ada obatnya. oleh karena itu, barang siapa yang tepat dalam melakukan pengobatan suatu penyakit, maka dengan izin Allah Azza wa Jalla dia akan sembuh.” (HR. Muslim dalam Kitab as-Salaam, bab Li kulli Daa-in Dawaa wa Istihbabut Tadaawii, Hadits no. 2204).

Allah swt juga sudah memberitahukan umat nya bahwasannya suatu penyakit ada penawarnya. Allah swt mengisyaratkan bahwa al-quran diturunkan sebagai penawar dan Rahmat bagi orang-orang yang mukmin. Firman Allah Swt dalam beberapa surat:
” Dan kami menurunkan Al Qur’an sebagai penawar dan Rahmat untuk orang-orang yang mu’min “( QS. Al-Isra : 82 ).

Menurut para ahli tafsir bahwa nama lain dari Al Qur’an yaitu ” Asysyifa ” yang artinya secara Terminologi adalah Obat Penyembuh.

” Hai manusia , telah datang kepadamu kitab yang berisi pelajaran dari tuhanmu dan sebagai obat penyembuh jiwa, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman ” ( QS. Yunus : 57 ).

Didalam al-quran juga dijelaskan bahwa Allah swt telah menjadikan alam semesta ini sebagai suatu sumber bahwasannya segala macam yang ada di alam semesta bisa digunakan untuk pengobatan. Contohnya seperti kurma, anggur, zaitun, dan madu. Firman Allah swt :

“dan makanlah oleh kamu bermacam-macam sari buah-buahan, serta tempuhlah jalan-jalan yang telah digariskan Tuhanmu dengan lancer. Dari perut lebah itu keluar minuman madu yang bermacam-macam jenisnya yang dapat dijadikan obat untuk manusia. Dialamnya terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah swt bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS. An-nahl : 69).

“Dia menumbuhkan tanaman-tanaman untukmu seperti zaitun, kurma, anggur dan buah-buahan lain. Sesungguhnya pada hal-hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah swt bagi orang-orang yang mau memikirkan.” (QS. An-Nahl : 11).

Dari hal yang sudah dibicarakan diatas terbukti bahwa al-quran mempunyai sumber ilmu pengetahuan yang luar biasa. Setiap kali Allah menurunkan penyakit, Allah pasti menurunkan penyembuhnya. Hanya ada orang yang mengetahuinya dan ada yang tidak mengetahuinya. Jauh sebelum ilmu pengetahuan berkembang pesat. Nabi Muhammad SAW sudah mengetahui dan menerapkan pengobatan yang terbukti kemanjurannya. Atas izin Allah swt suatu penyakit seseorang pasti akan sembuh dengan obat-obatan yang sudah dijelaskan dalam al-quran dan juga melalui metode pengobatan rasulullah SAW.

Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatNya tidak lepas tingkah lakunya dari al-quran. Karena beliau menjadi suri tauladan yang baik bagi manusia.

Nabi Muhammad Saw sebagai Rasul yang diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatNya tidak lepas tingkah lakunya dari al-quran. Karena beliau menjadi suri tauladan yang baik bagi manusia.

Ada tiga metode pengobatan yang diajarkan oleh Rasulullah saw, yaitu:
  1. Metode alamiah; menggunakan herbal atau tanaman obat sebagai pengobatan. Salah satu obat yang dianjurkan Rasulullah saw adalah madu. Rasulullah saw bersabda, “Hendaklah kalian menggunakan dua macam obat, yaitu madu dan Al Quran.” 
  2. Pengobatan Ilahiah; pengobatan yang dilakukan dengan memanjatkan do’a kepada Allah swt agar diberikan kesembuhan karena segala penyakit tentunya berasal dari takdir Allah swt yang maha kuasa. 
  3. Metode ilmiah; metode yang diambil berdasarkan ilmu pengetahuan. Pada zaman Rasulullah saw., metode ilmiah yang terkenal adalah bekam. Bekam (al hijamah) adalah pengobatan yang bertujuan untuk membuang darah kotor yang akan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, bekam juga bertujuan untuk membuang racun yang ada dalam tubuh, meluruskan tulang belakang sehingga gangguan kesehatan dapat diminimalkan. serta membersihkan dan menyeimbangkan suhu dalam tubuh agar terjadi harmonisasi yang menyebabkan seseorang dapat hidup sehat. Pengobatan dengan bekam kini sudah dikembangkan sesuai kemajuan teknologi dan manfaatnya sudah diakui oleh para dokter di rumah sakit.
METODE ALAMIAH

1. Madu

Sebagaimana sudah dijelaskan dalam alquran suart An-Nahl : 68-69 bahwasannya madu sudah sangat dijelaskan didalam al-quran sebagai obat untuk manusia.

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا ۚ يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

Nabi Muhammad Saw bersabda : “Kesembuahan itu ada pada tiga hal, yaitu dalam pisau pembekaman, meminumkan madu, pengobatan dengan besi panas. Dan aku melarang umatku melakukan pengobatan dengan besi panas”. (HR. Bukhori no. 5681)

Menurut Imam Ibnu Qayyim al Jauziyah: “Madu memiliki banyak khasiatnya. Madu dapat membersihkan kotoran yang terdapat pada usus, pembuluh darah, menetralkan kelembaban tubuh baik dengan cara dikonsumsi ataupun dioleskan. Madu sangat bermanfaat untuk lansia dan bagi mereka yang memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderung lembab dan dingin” (Metode Pengobatan Nabi SAW hal 42-43).

Suatu kejadian ketika ada sahabat nabi datang kepada Nabi saw memberitahukan anaknya yang sedang sakit, kemudian Nabi menyuruh orang itu meminumkan madu kepada anaknya. Nabi juga menyuruh mengambil madu asli dan ketika madu diminumkan kepada anaknya hendaklah membaca do’a.

Sudah menjadi bukti bahwa madu adalah salah satu obat yang mujarab yang selalu dipakai oleh Nabi Muhammad saw pada masa itu. Ada suatu penelitian menjelaskan bahwa, luka bakar akan cepat sembuh apabila diberikan (diolesi) obat dengan madu bukan dengan yang lain. Itu baru merupakan salahsatu dari manfaat madu.

Dibawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat madu bagi kesehatan :

1.Sebagai sumber energy yang baik
 Orang yang mengkonsumsi madu sebelum beraktifitas akan senantiasa tidak akan mudah mengalami kelelahan, dan juga orang yang berpuasa yang sebelumnya orang itu mengkonsumsi madu maka orang itu akan tidak mudah merasakan lapar dan energy nya akan tetap terjaga dalam tubuh. Kenapa bisa begitu ? sebab, madu mempunyai fruktosa dan glukosa yang dapat mudah diubah menjadi energy dalam tubuh. Madu akan memberikan cadangan makanan dalam tubuh, sehingga tubuh kita tidak mudah mengalami kelelahan.

2.Tidak menyebabkan resiko diabetes
Pada madu tentunya mengandung zat yang baik dalam tubuh yang tidak akan merugikan kesehatan bagi tubuh kita. Hal ini sudah tercantum dalam al-quran. Jadi, madu bisa digunakan untuk pengganti gula dan tentunya aman bagi penderita diabetes.

3.Membantu penyerapan kalsium
Madu mempunyai kandungan asam glukonat yang dapat mempercepat penyerapan kalsium.

4.Madu baik untuk pencernaan
Ada banyak manfaat madu bagi pencernaan kita yaitu :
  • Madu baik untuk mengatasi tukak lambung dan mencegah iritasi pada lambung yang disebabkan oleh resiko dari makanan dan minuman beralkohol, obat-obatan ataupun yang lainnya. Menurut pengalaman seseorang, ketika orang itu mengalami penyakit lambung. Dia  sudah beberapa kali minum obat-obatan tetapi tidak selalu membuahkan hasil, kemudian waktu itu dia memutuskan untuk mengkonsumsi madu dan menghentikan meminum obat sehingga lambung dia membaik dan tidak mudah terasa perih. Madu memang obat yang mujarab bagi tubuh kita, tidak ada salahnya kita mencoba pengobatan dengan madu. Anjuran meminum obat dengan madu sudah dituliskan dengan jelas dalam alquran.
  • Madu sebagai obat untuk memperlancar buang air besar, mengatasi konstipasi ataupun sembelit, dan mengatasi dalam masalah diare dengan cara membantu penyerapan air dan elektrolit dan akan mengahambat bakteri E.colli yang dapat menyebabkan diare.
5.Sebagai anti oksidan
Madu mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin C, enzim, asam fenolik, asam organic dan flavonoid yang akan bermanfaat sebagai anti oksidan yang tinggi.

6.Madu akan meningkatkan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh dan menghambat bakteri yang merugikan bagi tubuh.
Madu mempunyai sifat antimikroba. madu akan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri bifido yang merupakan bakteri yang sangat penting untuk menjaga kesehatan pencernaan yaitu dengan menghambat bakteri yang merugikan seperti helicobacter pylori, yang dapat menyebabkan tukak pada lambung.

7.Madu akan mempercepat proses penyembuhan luka
Madu bersifat higroskopis yang tinggi yang akan mudah menyerap air. Sehingga jika madu dioleskan ke luka terbuka, madu akan mempercepat penyerapan kandungan air pada luka tersebut. Sehingga luka akan mudah kering. Madu juga mengurangi pembengkakan pada luka dan luka akan sembuh lebih cepat. Sifat antimikroba yang terkandung dalam madu akan menghambat  pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga luka akan tidak mudah terinfeksi.

2. Minyak zaitun

Sudah dijelaskan dalam beberapa hadits dan al-quran bahwa minyak zaitun mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita.
Firman Allah : “..yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya yaitu pohon zaitun yang tumbuh tidak disebelah timur (sesuatu) dan tidak pula disebelah barat” (QS. An Nur : 35).

Hadits dibawah ini menerangkan bahwa minyak zaitun itu adalah minyak yang berasal dari pohon yang diberkahi. Dari Abu Hurairoh radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “konsumsilah oleh mu sekalian minyak zaitun dan poleskan dengannya, karena sesungguhnya minyak itu berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR. Ahmad III/149, At-Tirmidzi no.1851 dan Ibnu Majah no.3319).

Dibawah ini ada beberapa manfaat dari minyak zaitun diantaranya :
  1. Mengurangi serangan kanker
  2. Mengurangi pemakaian obat-obatan penurun tekanan darah tinggi
  3. Mengurangi risiko penyumbatan (thrombosis) dan penebalan (ateriosklerosis) pembuluh darah
  4. Menurunkan resiko kanker rahim sampai 26%
  5. Melindungi dari serangan kanker payudara. Sesendok makan minyak zaitun setiap harinya akan mengurangi resiko kanker payudara sampai pada kadar 45%
  6. Penggunaan sebagai minyak rambut mampu membunuh kutu dalam waktu beberapa jam saja
  7. Mengandung lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia seperti yang terdapat pada ASI
  8. Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat
  9. Pengkonsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari kanker kolon
  10. Memberikan pengaruh positif untuk melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi resioko tukak pada lambung
  11. Menggunakan minyak zaitun sebagai krim kulit setelah kita melaksanakan renang akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).

3. Habbatussauda (jinten hitam)


Salah satu metode pengobatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw adalah dengan Habbatussauda (jinten hitam).
Rasulullah saw bersabda : “sesungguhnya didalam habbatussauda terdapat penyembuhan bagi segala macam penyakit kecuali kematian” (HR. Al-Bukhari no. 5688 dan Muslim no. 2215, ini lafazhnya Muslim, dari Abu Hurairah ra)

Imam Bukhari meriwayatkan dari Aisyah ra, bahwasannya dia pernah mendengar Nabi saw bersabda yang artinya : “sungguh didalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala macam penyakit kecuali assam. “saya bertanya “apakah as-sam itu? “beliau menjawab “kematian”. Habbatussauda berkhasiat mengobati segala jenis penyakit dingin bisa juga membantu kesembuhan berbagai macam penyakit panas karena faktor temporal.

Nama lain dari Habbatussauda adalah Nigella Sativa, al-Karawiyah as-Sauda, al-Kamoun al-Aswad, asy-Syuniz, black cumin, kerosene, coal oil, carazna.

Di dalam biji Habbatussauda mengandung 405 minyak takasiri dan 1,4% minyak atsiri, 15 jenis asam amino, protein, Ca, Fe,Na, dan K. kandungan aktifnya thymoquinone (TQ), dithymouinone (DTQ), thymohydroquimone (THQ) dan thymol (THY).

Hasil penelitian membuktikan bahwa di dalam habbatussauda mengaktifkan kekebalan spesifik/kekebalan didapat, karena ia meningkatkan kadar sel-sel T pembantu, sel-sel T penekan, dan sel-sel pembunuh alami.

Beberapa manfaat Habbatussauda diantaranya :
  • Menguatkan system kekebalan
  • Meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kewaspadaan. Dalam kandungan habbatussauda memiliki asam linoleat (omega 6 dan asam linoleat (omega 3)), habbatussauda merupakan nutrisi bagi sel otak berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Habbatussauda juga memperbaiki mikro (peredaran darah) keotak dan sangat cocok diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.
  • Mengatasi gangguan tidur dan stress, didalam habbatussauda terdapat saponin yang memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin juga berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur, dan dapat menghilangkan stress.
  • Nutrisi bagi manusia, habbatussauda kaya akan kandungan nutrisi sebagai tambahan energy sangat ideal untuk lansia, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas sel otak agar tidak cepat pikun. Sudah dijelaskan diatas bahwa habbatussauda mengandung 15 macam asam amino penyusun isi protein termasuk didalamnya 9 asam amino esensial. Asam amino tidak dapat diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Oleh karena itu dibutuhkan suplemen tambahan, habbatussauda dapat mencukupinya.
  • Anti tumor, pada kongres kanker International di New Delhi, minyak habbatussauda diperkenalkan ilmuan kanker Immunobiologi dari California selatan, habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan, inferonnya menghasilkan sel-sel normal terdapat virus yang merusak sekaligus menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibody.
  • Meningkatkan bioaktifitas hormon, hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endoktrin, yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan habbatussauda adalah sterol yang berfungsi sintesa dan bioaktifitas hormon.
  • Melancarkan air susu ibu, kombinasi bagian lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatussauda dapat melancarkan air susu ibu. Penelitian ini kemudian dipublikasikan dalam literature penelitian di Universitas Potchestroom tahun 1989.
  • Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita, pada masa pertumbuhan anak tentunya akan membutuhkan nutrisi untuk meningkatkan system kekebalan tubuh secara alami, terutama pada musim hujan akan mudah terkena flu dan pilek. Didalam habbatussauda mengandung omega 3,6,9 yang merupakan nutrisi yang membatnu perkembangan jaringan otak dan janin.
  • Memperbaiki saluran pencernaan dan anti bakteri, habbatussauda mengandung minyak atsiri dan volatif yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak ini digunakan untuk mengobati diare. Tahun 1992. Jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan minyak volatile lebih ampuh membunuh strainbakteri V colera dan E colli dibandingkan dengan antibiotic seperti Ampicillin dan Tetracillin.
  • Menetralkan racun dalam tubuh, racun yang dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menurunkan fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Gejala ringan seperti keracunan dapat berupa diare, pusing, ganguan pernafasan dan menurunkan daya konsentrasi. Didalam habbatussauda mengandung saponin yang dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
  • Anti histamine, histamine adalah sebuah zat yang dilepaskan oleh jaringan tubuh yang memberikan reaksi alergi seperti pada asma bronchial. Minyak yang dibuat dari habbatussauda dapat mengisolasi ditymoquinone, minyak ini sering disebut nigellone yang berasal dari volatile nigella. Pemberian minyak ini berdampak positif terhadap penderita asma bronchial.
  • Mengobati reumatik, peradangan serta infeksi
  • Jika digoreng dan dibakar kemudian dicium terus menerus dapat mengeliminasi gas (dalam) perut
  • Membunuh cacing-cacing parasit jika dimakan sebelum makan pagi dan jika diletakkan diatas perut dari bagian luar sebagai aroma spa atau luluran
  • Minyak yang terbuat dari habbatussauda bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan ular, juga bengkak didubur dan tahi lalat
  • Melancarkan haid
  • Jika dibalutkan bermanfaat untuk menyembuhkan pusing yang parah
  • Apabila dimasak dengan cuka bersama kayu pinus dan kemudian dibuat untuk berkumur, maka hal itu akan menghilangkan sakit gigi yang disebakan sensitifitas terhadap dingin
  • Menghilangkan demam quartan (yakni demam yang menyerang manusia selama sehari kemudian mereda selama 2 hari kemudian menyerang lagi ketika hari ke 4)

Dari beberapa manfaat diatas masih banyak lagi manfaat besar habbatussauda bagi tubuh kita.

Aiman bin Abdil Fattah mengatakan : “karena itulah kami dapat menetapkan bahwa dalam Habbatussauda terdapat kesembuhan untuk segala macam penyakit, karena peranannya yang menguatkan dan memperbaiki system immunity, suatu system yang di dalamnya ada kesembuhan dari segala macam penyakit, yang bereaksi terhadap segala sebab yang menimbulkan penyakit, yang memiliki kemampuan awal untuk memberikan kesembuhan secara sempurna atau sebagian diantaranya untuk menyembuhkan segala penyakit."

4. Air zamzam

Keyakinan bahwa air zam-zam penuh berkah serta sabda rasulullah saw mengenai manfaat air zam-zam terlah terbukti secara ilmiah. Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa selain air zam-zam tidak berbau sebagai salah satu indicator air sehat, air yang berasal dari tanah suci terbukti memiliki kandungan mineral kalsium, magnesium dan fluoride yang tinggi. Air zam-zam dikatakan memiliki muatan ion-ion yang seimbang. Sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa kualitas air zam-zam tidak berubah selama penyimpanan dalam jangka waktu lama dan ditempatkan dimana pun, ditilik dari tekstur, warna dan baunya.

Di dalam air zam-zam tadi disebutkan bahwa air zam-zam mengandung kalsium dan magnesium. Kalsium didalam tubuh berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga diperlukan untuk proses pembekuandarah, dimana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi luka. Fungsi kalsium yang lainnya juga yaitu sebagai media terjadinya respon hormonal dan juga berfungsi sebagai salah satu katalisator kerja enzim. Pada ibu hamil dan menyusui, keberadaan kalsium dalam nutrient yang dikonsumsi sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah didalam tubuh janin yang dikandungnya. Kalsium juga memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki kemampuan mengikat kolesterol. Sehingga diet yang mengandung kalsium sangat menguntungkan.

Adapun magnesium merupakan mineral prima pengikat ion fosfat didalam tubuh. Mineral magnesium yang berikatan dengan fosfat ini berperan didalam proses metabolisme yang menghasilkan tenaga. Kebutuhan akan magnesium didalam tubuh individu berkisar antara 300 sampai 450 mg/hari. Kekurangan magnesium dapat menimbulkan terjadinya kelelahan yang bersifat kronis, kekurangan energy, menurunnya respon imun baik seluler maupun humoral dimana respon imun tersebut sangat utama didalam perlindungan tubuh terhadap penyakit, akibat luas dari kekurangan magnesium terhadap tubuh adalah kerentanan tubuh terhadap serangan penyakit. Selain itu defisiensi magnesium juga dapat memicu terjadinya stress.

Ion fluor merupakan salah satu ion penting yang mempunyai peranan sebagai antibiotik. Oleh karena itu sebagian besar produk pasta gigi mengedepankan adanya kandungan fluorida di dalam kemasannya yang difungsikan untuk menangkis timbunan bakteri penyebab plak gigi.

Air zam-zam yang terbukti mempunyai kandungan fluorida yang cukup tinggi dan sudah diteliti kemampuannya menekan pertumbuhan koloni bakteri yang sengaja dikembangkan pada media penumbuh bakteri. Kerja fluorida sebagai antimikroba ini didasari oleh kemampuan senyawa ini di dalam menghambat kerja enolase, yaitu suatu enzim glikolitik yang mengubah 2-fosfogliserat menjadi fosfoenolpiruvat. Enzim ini merupakan enzim yang berperan di dalam metabolisme pertumbuhan mikroba secara umum.

Berdasarkan berbagai pembuktian-pembuktian tersebut di atas, menunjukkan bahwa betapa besarnya manfaat air zam-zam bagi kesehatan tubuh kita. Selain mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh, zam-zam juga bersifat steril dengan adanya kandungan fluorida yang memiliki sifat antimikroba dalam jumlah yang proporsional serta tidak memberikan dampak meracuni bagi tubuh.

Dalam sebuah hadits shahih, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebut air zam-zam,

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut
adalah makanan yang mengenyangkan.”

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (bagus) bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

وَشِفَاءُ سُقْمٍ

“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).”

Dalam hadits dikatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengeluarkan air dari sela-sela jarinya. Kemudian para sahabat mengambil air tersebut untuk keperluan mereka. Ada yang menggunakannya untuk minum, berwudhu, mencuci pakaian dan beristinja’. Ini semua riil (nyata). Air yang dikeluarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallamdari sela-sela jarinya tadi, walaupun bukan air zam-zam, namun keduanya air yang sama-sama mulia. Jika diperbolehkan berwudhu, mandi, beristinja’, dan mencuci pakaian dengan menggunakan air yang keluar dari sela-sela jari tadi, maka air zam-zam boleh diperlakukan seperti itu.

Air zam-zam bisa dikatakan air yang bersih, alami, berhasiat, dan penuh berkah karena air ini berasal dari mata air tanah suci. Air zam-zam memiliki fungsi yang banyak untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain air zam-zam bisa dipakai untuk berobat, air zam-zam pula bisa dipakai untuk berwudhu, mandi, beristinja, dan mencuci pakaian.

5.  Kurma

Kurma adalah buah yang tumbuh dari pohon palem keluarga Arecaceae dari genusphoenix. Nama ilmiah kurma adalah dactylifera phoenix. Kurma diyakini berasal dari tanah di sekitar tepi sungai Nil dan Efrat. Sekarang pohon kurma dibudidayakan secara luas di wilayah beriklim hangat di semua benua, termasuk di Afrika, Australia dan Amerika (California).

Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel dibawah menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.

Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat.  Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.  Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.


RINCIAN KANDUNGAN GIZI KURMA (PER 100 G)
(SUMBER: USDA NATIONAL NUTRIENT DATABASE)
Unsur
Nilai gizi
Persen kecukupan gizi
Energi
277 Kkal
14%
Karbohidrat
74,97 g
58%
Protein
1,81g
3%
Total Lemak
0,15 g
<1%
Kolesterol
0 mg
0%
Serat makanan
6,7 g
18%
Asam Folat
15 mcg
4%
Niacin
1,610 mg
10%
Asam pantotenat
0,805 mg
16%
Piridoksin
0,249 mg
19%
Riboflavin
0,060 mg
4.5%
Thiamin
0,050 mg
4%
Vitamin A
149 IU
5%
Vitamin C
0 mg
0%
Vitamin K
2,7 mcg
2%
Sodium
1 mg
0%
Potasium
696 mg
16%
Kalsium
64 mg
6.5%
Tembaga
0,362 mg
40%
Besi
0,90 mg
11%
Magnesium
54 mg
13%
Mangan
0,296 mg
13%
Fosfor
62 mg
9%
Seng
0,44 mg
4%
Beta karoten
89 mcg
Lutein-zeaxanthin
23 mcg

Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, kurma memiliki kandungan nutrisi yang berguna bagi tubuh. “Setidaknya gula (glukosa) menjadi komponen utama dengan komposisi yang mencapai 50 persen dari seluruh kandungan buahnya,” katanya. Guru besar IPB ini juga mengatakan, kandungannya lebih besar dibandingkan buah-buahan lainnya yang hanya mencapai 20-30 persen saja.

Manfaat dan Khasiat buah Kurma :

1. Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman. “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [QS. Maryam : 25-26]

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah membawakan perkataan ‘Amr bin Maimun di dalam tafsirnya : “Tidak ada sesuatu yang lebih baik bagi perempuan nifas kecuali kurma kering dan kurma basah”

Dokter Muhammad An-Nasimi dalam kitabnya, Ath-Thibb An-Nabawy wal Ilmil Hadits (II/293-294) mengatakan, “Hikmah dari ayat yang mulia ini secara kedokteran adalah, perempuan hamil yang akan melahirkan itu sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula, hal ini karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi apabila hal itu membutuhkan waktu yang lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangat membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dippompa ke pembuluh nadi). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh”

Buah kurma matang sangat kaya dengan unsur Kalsium dan besi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan melahirkan, bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada Maryam Al-Adzra (perawan) untuk memakannya ketika sedang nifas (setelah melahirkan). Kadar besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma matang sangat mencukupi dan penting sekali dalam proses pembentukan air susu ibu. Kadar zat besi dan Kalsium yang dikandung buah kurma dapat menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat melahirkan atau menyusui. Zat besi dan Kalsium merpuakan dua unsur efektif dan penting bagi pertumbuhan bayi. Alasannya , dua unsur ini merupakan unsur yang paling berpengaruh dalam pembentukan darah dan tulang sumsum.

2. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kalahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

3. Memudahkan persalinan dan membantu keselamatan sang ibu dan bayinya.

4. Menenangkan Sel-Sel Saraf. Buah kurma, baik tamr maupun ruthab dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Oleh karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa buah kurma di pagi hari kepada anak-anak dan orang yang lanjut usia, agar kondisi kejiwaannya lebih baik.

5. Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.

6. Buah kurma Ajwah dapat digunakan sebagai alat ruqyah dan mencegah dari ganguan jin.

7. Kurma sangat dianjurkan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Ada hal yang sudah ditetapkan dalam bidang kedokteran bahwa gula dan air merupakan zat yang pertama kali dibutuhkan orang berpuasa setelah melalui masa menahan makan dan minum. Berkurangnya glukosa (zat gula) pada tubuh dapat mengakibatkan penyempitan dada dan gangguan pada tulang-tulang. Dilain pihak, berkurangnya air dapat melemahkan dan mengurangi daya tahan tubuh. Hal ini berbeda dengan orang berpuasa yang langsung mengisi perutnya dengan makanan dan minuman ketika berbuka. Padahal ia membutuhkan tiga jam atau lebih agar pencernaannya dapat menyerap zat gula tersebut. Oleh karena itu, orang yang menyantap makanan dan minuman ketika berbuka puasa tetap dapat merasakan fenomena kelemahan dan gangguan-ganguan jasmani akibat kekurang zat gula dan air.

8. Buah kurma dapat mencegah stroke

9. Buah kurma kaya dengan zat garam mineral yang menetralisasi asam, seperti Kalsium dan Potasium. Buah kurma adalah makanan terbaik untuk menetralisasi zat asam yang ada pada perut karena meninggalkan sisa yang mampu menetralisasi asam setelah dikunyah dan dicerna yang timbul akibat mengkonsumsi protein seperti ikan dan telur.

10.Buah kurma mengandung vitamin A yang baik dimana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, menguatkan penglihatan, pertumbuhan tulang, metabolisme lemak, kekebalan terhadap infeksi, kesehatan kulit serta menenangkan sel-sel saraf.

11.Kurma adalah buah, makanan, obat, minuman sekaligus gula-gula.

METODE ILAHIAH

1. Ruqyah

Ruqyah atau yang kita kenal dengan jampi-jampi merupakan salah satu cara pengobatan yang pernah diajarkan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Ketika Rasulullah saw sakit maka datang malaikat jibril mendekati tubuh beliau yang sangat indah. Kemudian jibril membacakan salah satu do’a sambil ditiupkan ketubuh nabi saw. Seketika itu beliau sembuh. Inilah do’a yang digunakan :

“Bismillahi arqiika minkulli syai-in yu’dziika minsyarri kulli nafsin au-ainiasadin
Alloohu yasyfiika bismillahi arqiika”.

Pada zaman Rasulullah, surat Al-Fatihah  dikenal sebagai media me-Ruqyah yang terdahsyat untuk mengobati berbagai penyakit Rohani selain beberapa ayat / surat lainnya, hingga sekarang ini.

2. Nafats

Nafats yaitu membaca Al-quran atau do’a kemudian ditiupkan pada kedua telapak tangan lalu diusapkan keseluruh badan pasien yang sakit.

Dalam suatu riwayat bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila beliau sakit maka membaca “Al-muawwidzat” yaitu tiga surat Al-quran yang diawali dengan kata “A’udzu” yaitu surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlaskemudian ditiupkan pada dua telapak tangannya lalu diusapkan keseluruh badan.

3. Air liur yang ditempelkan pada tangan kanannya

Diriwayatkan oleh bukhari muslim : bahwasannya Nabi Muhammad saw apabila ada manusia tergores kemudian luka, maka beliau membaca do’a kemudian air liurnya ditempelkan pada tangan kanannya, lalu diusapkan pada luka orang itu inilah doa’anya : “Allohumma robbinnas adzhabilbas isyfi antasy-syafii laa syifa-a illa syifa-uka laa yugodiru saqoma”. Dalam air liur mengandung senyawa antibakteri diantaranya tiosianat.

4. Meletakkan tangan pada salah satu anggota badan

Nabi Muhammad saw pernah memerintahkan Utsman bin Abil Ash yang sedang sakit dengan sabdanya: “ letakkanlah tanganmu pada anggota badan yang sakit kemudian bacalah “Basmalah 3x dan A’udzu bi-izzatillah waqudrotihi minsyarrima ajidu wa uhajiru 7x” .

5. Do’a mukjizat


Banyak beberapa doa untuk kesembuhan yang diajarkan oleh nabi Muhammad saw kepada umatnya antara lain : “allohumma isyfi abdaka yan-ulaka aduwwan aw yamsyi laka ila sholaah”.

METODE ILMIAH

Bekam atau Hijamah

Bekam atau hijamah adalah system dan penyembuhan yang dilakukan dengan cara menghisap darah dan mengeluarkan darah kotor atau darah penyakit dari permukaan kulit. Pengobatan dan penyembuhan bekam atau hijamah yang dicontohkan oleh rasulullah saw, sudah dikenal diberbagai belahan dunia sejak dulu.
Bekam atau hijamah menurut rasul dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit apapun, dalam sebuah hadis diriwayatkan “barang siapa yang berbekam tanggal 17, 19, dan 21 maka akan disembuhkan dari segala macam penyakit” (HR Tirmidzi)

Pengobatan dan penyembuhan dengan metode bekam telah diwasiatkan para malaikat kepada Rasulullah saw.

“wahai Muhammad, suruhlah umat mu melakukan bekam”. (HR Abu Daud)

“bekam dapat menambah kecerdasan, kekuatan menghapal dan menambah hafalan orang yang menghafal. (HR Ibnu Majah).

Jenis jenis bekam/ hijamah yaitu :

  • Hijamah jaffah (bekam kering), hijamah hanya berupa cupping (penyedotan), yang berprinsip mengeluarkan angin dari tubuh. Bekam kering dibagi 3 macam yaitu bekam tarik, bekam luncur dan bekam magnit. 
Bekam Kering

  • Hijamah Damawiyyah (bekam basah), hijamah dengan cara mengeluarkan darah dari kulit yang sudah dicupping (disedot) sebelumnya. Rasulullah hanya mengenal cara yang kedua dan tidak mengenal cara pertama, dan cara mengeluarkan darah ialah syarthoh (sayatan).
Bekam Basah

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan berbekam atau alhijamah antara lain:
1.  Sakit kepala
2.  Masuk angin
3.  Pendarahan pada otak
4.  Migraine
5.  Lumpuh setengah badan
6.  Encok
7.  Sakit gigi, telinga, mata, hidung
8.  Varices
9.  Reumatik
10. Sakit tulang punggung
11. Wasir
12. Elephantiasis (kaki gajah)
13. Haid tidak teratur
14. Tumor
15. Sakit tenggorokan
16. Sesak nafas
17. Alergi, gatal-gatal, asma, bronchitis
18. Benjol-benjol dilengan danpaha
19. Dada berdebar-debar
20. Kaki dan tangan kesemutan
21. Pundak pegal-pegal dan kaku
22. Darah tinggi
23. Penyumbatan pembuluh darah
24. Impotensi
25. Kolesterol
26. Asam urat
27. Bisul
28. Sembelit, lambung dan pencernaan
29. Kanker
30. Sakit liver dan limpa
31. Buang air kecil tanpa terkontrol

referensi :
http://muslimah.or.id/kesehatan-muslimah/fakta-thibbun-nabawi-habbatus-sauda-madu-dan-minyak-zaitun.html
Metode Pengobatan Nabi SAW, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah
http://rumaysho.com/faedah-ilmu/2740-khasiat-air-zam-zam.html
http://syaamilquran.com/metode-pengobatan-menurut-rasulullah.html
http://kesehatan.kompasiana.com/alternatif/2012/07/30/manfaat-dan-khasiat-buah-kurma-untuk-kesehatan-481011.html
http://majalahkesehatan.com/12-khasiat-buah-kurma/
http://www.indospiritual.com/artikel_manfaat-kurma-untuk-kesehatan.html
http://dentaluniverseindonesia.com/index.php/article/73-seputar-tentang-air-liur-manusia

By nezafitriana
Thanks for reading Pengobatan Menurut Rasulullah SAW

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar